Seharusnya

“Harusnya kita bisa bahagia kan?” suaraku tercekat. “Iya kan?” desakku. Ia hanya tersenyum lemah dan terdiam. Aku tahu, dia juga tahu. Kami tidak seharusnya bersama. Hidupku, hidupnya. Harusnya memang seperti itu. Seharusnya kami tidak memaksakan diri untuk bersama. Seharusnya kami sudah menjaga jarak dari awal, menjaga agar hati kami tidak tertaut. Karena hatiku, hatinya, tertaut begitu erat hingga begitu sulit untuk dilepaskan.

Seharusnya kami bahagia.

Kalimat yang begitu menyayat. Seharusnya… Karena kami tidak bisa hidup bahagia. Semuanya terasa begitu sesak. Kami tidak bisa bersama. Aku menatap mata cokelatnya dengan sendu. Sudah kesekian kali kami membicarakan hal ini, dan hasilnya selalu nihil. Tidak ada jalan keluar, jika pun ada celah, celah itu merupakan celah yang begitu sulit untuk dilewati.

“Seharusnya kita bisa bahagia.” suara beratnya menggema lembut. Suara yang selalu kucari ketika hatiku kalut. Suara yang begitu menenangkan. Kemudian tangannya menggenggam tanganku. Kontras. Kulitnya yang sawo matang dan kulit kuning langsat milikku. “Kita pasti bahagia…” katanya lagi. Sekilas kupandang wajahnya. Sepertinya, ia mengatakan itu lebih untuk dirinya sendiri daripada untukku.

Harapan kami sama. Kami hanya ingin bahagia bersama. Namun mengapa sulit sekali untuk meraih kebahagiaan itu.

Aku menghela napas panjang, berusaha menahan air mataku agar tidak jatuh. Tanganku masih digenggamnya. Hangat. Aku berharap Tuhan memberhentikan waktu sebentar saja, sebentar saja, sehingga kami bisa bertahan seperti ini. Sebelum kami benar-benar terpisah. Sebelum kami benar-benar tidak dapat bersama lagi.

Hingga akhirnya dari sudut mataku air mata meleleh. Menganak sungai. Seharusnya kami bahagia…

Seharusnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s